Hikmah : 3 Sikap Seorang Pengubah

(Biasanya setiap penerbitan SWA, aku memulai membaca dari setiap karya yang berhubungan erat dengan riset SWA. Alasannya sederhana, karena itu adalah tanggung jawab profesionalku. Tapi untuk edisi ke 23 ini agak berbeda….,saya memulainya dari tulisan pak Paulus Bambang tentang 3 sifat seorang pengubah. Sengaja saya cuplik langsung pada beberapa bagian yang saya anggap inti dari tulisan beliau. Silahkan menikmati…)

“God grant me the SERENITY to accept the things I can not change, COURAGE to change the things I can and WISDOM to know the difference.”

Ada tiga sikap yang perlu menjadi pertimbangan dalam menangani sebuah perubahan. Baik perubahan soal nilai hidup, pekerjaan, keluarga, ekonomi maupun bidang spiritual sekalipun.
Sikap pertama soal perubahan yang penting adalah SERENITY. Suatu sikap yang tenang, tentram, dan berani menerima kenyataan bahwa banyak hal yang tidak mungkin kita bisa ubah, apalagi secara frontal dan instan. SERENITY berarti berani berkontemplasi, mampukah melakukan perubahan. Kalau tidak, hanya dua pilihan. Menerima kenyataan itu dengan legowo, bukan lantas frustasi dan apatis. Hanya butuh kesabaran untuk menjadi pengubah.
Sikap kedua adalah COURAGE, semangat melakukan perubahan kala kemungkinan itu ada. Menggunakan otoritas yang ada untuk melakukan perubahan adalah mutlak. Kebenaran harus di atas kebaikan. Nilai-nilai hidup harus di atas kinerja bilangan.Sebuah keberanian yang hakiki yang mutlak bagi yang menganut “principles driven leadership”.
Sikap ketiga adalah pada aspek WISDOM,kebijakan membedakan kapan memakai senjata SERENITY dan kapan mengayunkan COURAGE. WISDOM bukan berarti kompromi dalam arti sempit. WISDOM adalah simbol kesadaran mutlak kapan harus mengalah dan kapan harus mengalahkan. Sikap ini hanya bisa dipupuk dengan Knowledge dan Knee. Knowledge berarti pengetahuan dan pengalaman. Knee berarti banyak berdoa alias modal dengkul kepada sang Pencipta……

(Dicuplik dari tulisan pak Paulus Bambang WS, SWA edisi 23/2006)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: